Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Nasehat Warren Buffett Hadapi Hantu Inflasi



Jakarta, CNBC Indonesia – Inflasi berdampak buruk pada kondisi perekonomian. Segala sesuatu mulai dari gas hingga bahan makanan akan mengalami kenaikan harga yang tajam karena dampak perang Rusia-Ukraina dan kenaikan bahan makanan di China.

CEO Berkshire Hathaway dan investor legendaris Warren Buffett mengatakan bahwa ada langkah-langkah tertentu untuk melindungi diri dari dampak inflasi. Salah satunya adalah dengan meningkatkan keterampilan.

“Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menjadi sangat baik dalam sesuatu. Orang akan membayar Anda sebagian dari apa yang mereka hasilkan sebagai imbalan atas apa yang Anda berikan,” kata dia dikutip CNBC, Selasa (3/5/2022).

Menurutnya, keterampilan tidak seperti uang, dan akan tahan terhadap inflasi. Seseorang yang memiliki keterampilan akan tetap diminati tidak peduli berapa nilai dolarnya.

“Investasi terbaik sejauh ini adalah apa pun yang mengembangkan diri Anda sendiri, dan tidak dikenakan pajak sama sekali,” ujar Buffet.

Diketahui, pesan tersebut pernah dibagikan Buffet pada 2009 di akhir resesi. Di mana pada saat itu Buffet menekankan perlunya berinvestasi pada diri sendiri.

Pada saat itu, Buffett juga mengatakan hal terbaik berikutnya yang dapat dilakukan seseorang adalah berinvestasi dalam bisnis sehingga dapat menciptakan produk yang diminati tanpa pengaruh kinerja dolar.

Dia mencontohkan perusahaan Coca-Cola. Menurut Buffet, orang akan tetap menginginkan soda favoritnya beberapa dekade dari sekarang, di mana inflasi tidak berperan dalam keputusan itu.

“Tidak ada bedanya apa yang terjadi pada tingkat harga karena orang akan tetap membayar untuk produk yang mereka sukai,” kata Buffett.

[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)




SUMBER BERITA