ABIBUNDA

Kumpulan Berita Indonesia Update

Loading...

Berlindung dari Predator, Laba-Laba Ini Mampu Bersembunyi di Air Lebih dari 30 Menit


KOMPAS.com – Bagi katak atau hewan amfibi lainnya, melarikan diri ke dalam air dan bersembunyi untuk waktu yang cukup lama dari pemangsa atau predator adalah hal biasa. Namun, spesies laba-laba baru menggunakan taktik itu, bahkan mampu bertahan hingga 30 menit dalam air.

Jadi ketika peneliti menemukan spesies baru laba-laba bernama Trechalea extensa yang memiliki kemampuan tersebut, mereka pun bukan main merasa takjub.

Dikutip dari Science Alert, Kamis (12/5/2022) untuk laba-laba biasa, menyelam di dalam air merupakan hal yang berbahaya.

Laba-laba akan kehilangan panas tubuh, kekurangan udara, tak bisa mencari makan, dan selain itu juga ada kemungkinan untuk berhadapan dengan predator lain di bawah air.

Namun dalam sebuah studi baru, peneliti berhasil menunjukkan bahwa laba-laba tropis yang ditemukan di sungai di Kosta Rika itu mampu bertahan di bawah air selama 32 menit.

Baca juga: Laba-laba Penenun Jantan Segera Lompat Usai Kawin, Ini Alasannya

“Untuk banyak spesies, menjadi basah dan kedinginan hampir sama berisikonya untuk bertahan hidup sejak awal dari ancaman predator,” kata Lindsey Swierk, ahli biologi di Universitas Binghamton dan penulis utama studi laba-laba bersembunyi dalam air untuk hindari predator.

Laba-laba Trechalea sendiri sebelumnya tak diketahui mampu bersembunyi di bawah air untuk menghindari ancaman dalam waktu yang lama.

Peneliti sendiri menemukan laba-laba Trechalea tersebut pada Juli 2019. Saat itu para peneliti berada di dekat sungai di Stasiun Biologi Las Cruces di Provinsi Puntarenas, Kosta Rika.

Ketika mereka melihat seekor T.extensa berada di atas batu di sebelah sungai kecil, peneliti mencoba menangkapnya. Akan tetapi, laba-laba itu menghindari dengan hinggap di atas permukaan air.

Setelah peneliti melanjutkan pengejaran, laba-laba itu melakukan sesuatu yang mengejutkan untuk menghindar dan berlindung dari predator.

Baca juga: 5 Laba-laba Paling Mematikan di Dunia, Gigitannya Mengandung Racun



SUMBER BERITA

Labels: Air, Berlindung, Bersembunyi, dari, Ini, LabaLaba, Lebih, Mampu, Menit, Predator, Uncategorized

Thanks for reading Berlindung dari Predator, Laba-Laba Ini Mampu Bersembunyi di Air Lebih dari 30 Menit. Please share...!

Back To Top