Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fosil Raptor Terbesar Ditemukan di Argentina


SEKELOMPOK paleontolog di Argentina menemukan fosil yang diduga sebagai raptor terbesar atau megaraptor dalam sejarah dinosaurus. Setelah disusun, fosil itu memiliki panjang sekitar 10 meter dengan berat enam ton.

 

Dilansir dari AFP, Rabu, (4/5), temuan tersebut diyakini para ilmuwan sebagai rekor raptor terbesar yang berhasil ditemukan hingga saat ini.  Temuan megaraptor ini telah dimuat di jurnal Nature dan disebut oleh ilmuwan penemunya sebagai Maip macrothorax.

 

Maip bermakna roh jahat yang kerap disebut sebagai bayangan kematian (The Shadow of Dying) dalam mitologi masyarakat adat Aonikenk di Patagonia. Sementara macrothorax diambil sesuai dengan ciri khas satwa tersebut yang memiliki dada sangat lebar mencapai 1,2 meter.

 

“Ia kemungkinan menjadi predator puncak yang teratas yang berhasil ditemukan hingga saat ini,” ujar paleontologis yang pertama menemukan fosil, Mauro Aranciaga.

 

Maip macrothorax diperkirakan hidup sekitar 70 juta tahun yang lalu di sekitar Patagonia, Amerika Selatan. Kala itu wilayah tersebut masih berupa space tropis dengan ekosistem hutan yang jauh lebih hangat dari saat ini ketika sudah muncul pegunungan Andes.

 

Dari fosil yang ditemukan, diketahui megaraptor tersebut memiliki dua cakar tajam yang melengkung di bagian kaki depan. Panjang cakarnya masing-masing mencapai 40 cm.

 

Aranciaga mengatakan, fosil tersebut sebenarnya pertama kali ia temukan tiga tahun lalu. Sejak saat itu ia terus melakukan proses penelusuran dan pengklasifikasian untuk mengetahui jenis fosil apa yang ia temukan.

 

“Ketika aku akhirnya mengetahui bahwa ini ternyata megaraptor, rasanya sangat menakjubkan,” ujarnya.

 

Maip macrothorax kemudian diketahui sebagai salah satu jenis megaraptor terakhir yang bertahan di bumi sebelum semua jenis dinosaurus punah sekitar 66 juta tahun lalu. Selain itu, Maip macrothorax juga merupakan megaraptor dengan habitat yang posisinya berada paling jauh di selatan bumi. (M-1)







Sumber Berita