Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mulai Tata THL, 20 Honorer di Bojonegoro Dimutasi Berdasar Ijazah


BOJONEGORO, Radar Bojonegoro –  Tenaga harian lepas (THL) atau honorer mulai ditata Pemkab Bojonegoro. Kemarin (18/5) sebanyak 20 THL di sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) dimutasi. Ini mutasi pertama dilakukan pada pegawai selain aparatur sipil negara (ASN).

 

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Bojonegoro  Bojonegoro Aan Syahbana mengatakan, mutasi para THL karena kebutuhan. Ada beberapa OPD memiliki THL berlebih. Juga, ada OPD kekurangan tenaga. ‘’Jadi, untuk pemerataan diperlukan mutasi,’’ ungkapnya.

 

Aan melanjutkan, penempatan THL dimutasi itu sesuai ijazahnya. Misalnya, latar belakang pendidikan mereka adalah sarjana teknis, tentu dimutasi ke OPD berkaitan dengan tugas teknis. ‘’Bisa sesuai dengan ijazahnya,’’ jelasnya kemarin.

 

Aan mengakui jika ini kali pertama dilakukan mutasi pada THL. Sebenarnya tidak ada regulasi mengatur mutasi THL. Namun, itu permintaan OPD. Sehingga, BKPP membantu mengkoordinasikannya. ‘’Ini baru pertama dilakukan. Sebelumnya, mutasi THL hanya dilakukan di internal OPD,’’ tuturnya.

 

Aan menjelaskan, mulai tahun ini sudah tidak diperkenankan merekrut THL. Sehingga, THL yang ada akan dimaksimalkan. Saat ini jumlah THL di Bojonegoro mencapai 3.700 orang lebih. Sebagian besar mereka di dinas pendidikan sebagai guru. ‘’Kalau guru tidak ikut kami mutasi. Sejauh ini baru yang di OPD saja,’’ jelasnya.

 

Selain kebutuhan, mutasi juga untuk persiapan seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Sebab, PPPK akan dibuka untuk berbagai formasi. Itu berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang dikhususkan THL guru.

 

Sekretaris Komisi C DPRD Bojonegoro Ahmad Supriyanto mengatakan, mutasi memang menjadi ranah pemkab. Pihaknya berharap mutasi THL itu tetap memperhatikan kebutuhan dan kualifikasi ijazah. ‘’Jadi, kinerja OPD bisa lebih baik,’’ jelasnya.

 

Menurut Pri, kekurangan ASN di sejumlah OPD selama ini ditutup oleh THL. Keberadaan mereka selama ini cukup banyak membantu. Karena itu, dia berharap bisa secepatnya lolos seleksi sebagai ASN. (zim/rij)



SUMBER BERITA