Iklan

Iklan

Iklan

Pebisnis AS Todd Boehly Beli Klub Chelsea dari Konglomerat Rusia Roman Abramovich Senilai Rp76 Triliun

, Mei 08, 2022 WIB


Bisnis.com, JAKARTA — Pebisnis asal Amerika Serikat Todd Boehly dan perusahaan investasi Clearlake Capital telah mencapai kesepakatan membeli The Blues alias klub sepak bola Inggris Chelsea senilai 4,25 miliar poundsterling atau US$5,25 miliar.

Dilansir Bloomberg pada Sabtu (7/5/2022), transaksi itu terdiri dari 2,5 miliar poundsterling saham Chelsea dan 1,75 miliar poundsterling investasi lebih lanjut untuk keuntungan klub.

Adapun dana senilai 1,75 miliar poundsterling akan diinvestasikan kepada klub di stadium Stamford Bridge dan Kingsmeadow, termasuk tim perempuan, akademi pemain muda dan Chelsea Foundation.

Anggota konsorsium pembeli lainnya adalah pebisnis asal Swiss Hansjoerg Wyss dan CEO Guggenheim Partners Mark Walter.

Menurut sumber anonim, Clearlake Capital yang berbasis di Texas akan memegang saham sekitar 61 persen.

Kesepakatan ini masih harus mendapatkan persetujuan dari Pemerintah Inggris, mengingat pemilik sebelumnya, miliarder asal Rusia Roman Abramovich dikenai sanksi akibat invasi Rusia ke Ukraina.

Selain itu, anggota konsorsium Boehly juga harus memenuhi aturan Liga Premier untuk menjadi pemilik dan menentukan direktur.

Dalam pernyataan resmi, hasil penjualan akan disimpan ke rekening bank Inggris yang dibekukan untuk disumbangkan 100 persen dengan tujuan amal sebagaimana dikonfirmasi oleh Abramovich, menurut pernyataan itu.

Proses transfer dana ke dalam rekening tersebut juga membutuhkan perizinan dari pemerintah.


Simak Video Pilihan di
Bawah Ini :

Konten Premium

Masuk / Daftar





SUMBER BERITA

Komentar

Tampilkan

Terkini