Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Suara menyakitkan dari lubang hitam memungkinkan manusia mendengar suara luar angkasa yang berjarak 240 juta tahun cahaya


Apakah ada suara di luar angkasa? Audio baru dari NASA memberikan beberapa wawasan – dan jawabannya menyayat hati.

suara , Dirilis 4 Meiadalah lubang hitam dari pusat Grup Galaksi Perseus, yang merupakan struktur ruang angkasa besar yang membentang 11 juta tahun cahaya dan terletak sekitar 240 juta tahun cahaya dari Bumi. Para astronom menciptakan suara yang dapat didengar dengan merekam gelombang tekanan yang dikirim oleh lubang hitam melalui gas panas cluster. Dalam bentuk aslinya, gelombang ini tidak dapat didengar oleh telinga manusia, sehingga para ilmuwan mengekstrak gelombang suara dan meningkatkannya sebesar 57 dan 58 oktaf.

“Dalam beberapa hal, sonikasi ini tidak seperti apa pun yang telah dilakukan sebelumnya,” kata NASA dalam sebuah pernyataan. “…[The sound waves] Itu terdengar 144 kuadriliun dan 288 kuadriliun kali lebih tinggi dari frekuensi aslinya.”

Bertabrakan dengan frekuensi manusia, suara lubang hitam hampir seperti mie hantu yang menakutkan atau panggilan laut dalam dari paus selama satu abad.

Meskipun suara khusus ruang ini baru, NASA telah menghubungkan gugus galaksi Perseus dengan suara tersebut sejak 2003. Gugus galaksi seperti Perseus adalah objek terikat gravitasi terbesar di alam semesta yang berisi ratusan galaksi, awan gas panas yang sangat besar yang mencapai lebih dari 180 juta derajat Fahrenheit dan materi gelap misterius. Semua zat ini menciptakan media untuk transmisi gelombang suara.

Selain sonicating Perseus, para ilmuwan NASA juga sonicated black hole terkenal lainnya yang terletak di Messier 87, atau M87.


Validasi data: Lubang hitam tengah Galaxy M87 (multi-panjang gelombang) oleh
Pusat Penerbangan Luar Angkasa Marshall NASA pekerjaan
Youtube

Tidak seperti lubang hitam Perseus, lubang hitam ini memiliki nada yang jauh lebih tinggi, dan dapat digambarkan sebagai musik ambient dengan lonceng cahaya. Visualisasi suara yang dikeluarkan oleh NASA benar-benar menakjubkan, karena berisi pemindaian lubang hitam yang diambil oleh Chandra X-ray Observatory, cahaya optik dari Teleskop Luar Angkasa Hubble dan gelombang radio dari Atacama Large Millimeter Array di Chili. Ini juga berisi gambar lokasi lubang hitam dan gambar jet yang diproduksi oleh M87.

File audio dan video dirilis selama Pekan Lubang Hitam NASA dari 2-6 Mei. Selama waktu itu, NASA merilis berbagai visualisasi dan informasi tentang lubang hitam sebagai bagian dari “perayaan benda langit dengan gravitasi yang begitu kuat sehingga cahaya pun tidak dapat melarikan diri darinya…”



SUMBER BERITA